Sabtu, 30 April 2011

Tim Pemda Tangani Sengketa HGU di Abdya

Posted by STRUKTUR 21.40, under | No comments

Tue, Apr 26th 2011, 13:00

Tim Pemda Tangani Sengketa HGU di Abdya

BLANGPIDIE-  Sengketa lahan Hak Guna Usaha (HGU) PT Dua Perkasa Lestari (DPL)  dengan masyarakat di Aceh Barat Daya (Abdya) sedang ditangani menyusul tim fasilitasi Penyelesaian Sengketa dan Konflik Petanahan dari Provinsi Aceh turun ke lokasi, Selasa (26/4).

Lahan yang berada  di kawasan Krueng Itam, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya),  kata  Kabag Humas dan Protokol Setdakab Abdya, Drs Husaini, kepada Serambinews.com, turun ke lokasi untuk melihat langsung.
Tim  yang dipimpin Kepala Biro Pemerintahan Aceh, Ali Alfata itu beranggotakan dari unsur Badan Pertanahan Nasional (BPN), Dinas Sosial dan instansi terkait, termasuk Dirut PT DPL, H Said Syamsul Bahri, serta didampingi Bupati Abdya, Akmal Ibrahim, ketua DPRK, Dandim 0110 dan Waka Polres,. turun ke lokasi.

Tim akan melihat langsung tapal batas lahan HGU PT DPL dengan lahan garapan masyarakat yang dituding telah dicaplok pihak perusahaan perkebunan kelapa sawit itu.
 
Sebelumnya masyarakat Kecamatan Babahrot mempersoalkan areal HGU PT DPL seluas 2.599 hektare. Karena, lahan garapan milik warga masuk ke dalam lahan HGU, seperti lahan garapan Komunitas Adat Terpencil (KAT) Desa Ie Mirah, Babahrot. Masyarakat juga mempersoalan lokasi HGU, dimana lokasi HGU disebutkan di Krueng Seumanyam, sementara lokasi dimaksud tidak masuk alam wilayah Kecamatan Babahrot, Abdya, melainkan berada dalam wilayah Kecamatan Darul Makmur, Nagan Raya.    
 
Sengketa lahan HGU PT DPL tersebut semakin memanas, kemudian mendorong Gubernur Aceh menurunkan tim fasilitasi penyelesaian sengketa dan konflik pertanahan ke lokasi. Dan informasi terakhir diperoleh Serambinews.com, ribuan warga turut hadir ke lokasi lahan HGU PT DPL untuk melihat tim bekerja.(zainun yusuf).

Editor: Ampuh Devayan
 
Sumber : http://aceh.tribunnews.com/news/view/54864/tim-pemda-tangani-sengketa-hgu-di-abdya

0 komentar:

Posting Komentar

Tags

Blog Archive