Sabtu, 30 April 2011

Dua Kapal Asal Sibolga Ditangkap

Posted by STRUKTUR 22.11, under | No comments

Thu, Apr 28th 2011, 08:54

Jarah Ikan Diperairan Nagan Raya

Dua Kapal Asal Sibolga Ditangkap

BLANGPIDIE – Dua unit kapal nelayan asal Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), masing-masing KM Gemilang, dan KM Surya Prima beserta 12 Anak Buah Kapal (ABK)-nya, Minggu (24/4) dini hari, ditangkap oleh aparat polisi dari Sub Patroli Daerah Polisi Perairan (Subrolda) Abdya. Kedua Kapal yang dicurigai menjarah ikan di perairan Kabupaten Nagan Raya itu, kini masih menjalani proses penyelidikan di Subrolda Abdya.

Direktur Direktorat Kepolisian Air (Ditpolair) Polda Aceh, AKBP Ir Sistomo, melalui Dan Subrolda Abdya, Brigadir Nel Ersyad, yang ditanyai Serambi, Rabu (27/4), membenarkan kejadian penangkapan kedua unit Kapal nelayan asal Sibolga itu. Keduanya ditangkap ketika sedang beroperasi di perairan Nagan Raya.

“Penangkapan itu berawal dari informasi yang kami terima dari masyarakat nelayan Abdya. Setelah kita lakukan pengembangan ternyata informasi itu benar adanya, di mana pada Minggu (24/4) dini hari, sekira pukul 03.00 WIB personel kita berhasil menangkap KM Gemilang yang sedang beroperasi di wilayah perairan Nagan Raya, dan pada waktu yang hampir bersamaan personel kita juga kembali menangkap satu unit Kapal Sibolga, yaitu Surya Prima” kata Brigadir Nel Ersyad.

Dia mengatakan, kedua kapal nelayan tersebut ditangkap karena melanggar surat izin penangkapan ikan yang seharusnya kegiatan itu berlangsung di perairan Aceh Barat, tapi mereka malah melakukan penangkapan di perairan Nagan Raya dan Abdya.

“Ketika kita periksa dokumennya, mereka memperlihatkan izin dari Panglima Laot Aceh Barat, izin itulah yang sedang kita selidiki kebenarannya sama Panglima Laot Aceh Barat,” papar Brigadir Nel Ersyad.

Ketika ditanyai tentang adanya indikasi pemalsuan dokumen, Brigadir Nel Ersyad sendiri mengaku belum bisa memastikannya, karena hingga kemarin mereka masih melakukan proses penyelidikan terhadap keabsahan dokumen dan surat izin penangkapan ikan tersebut, “Sejauh ini masih dalam proses penyelidikan,” paparnya.

Brigadir Nel Ersyad juga menyebutkan nama-nama personel Polisi Air yang ikut menangkap kapal Sibolga tersebut, di antaranya Briptu Ricki H Pinem, Briptu M Sugianto, Briptu Dedi Junaidi dan dia sendiri.

Sedangkan nakhoda dan Anak Buah Kapal yang ditangkap itu ,masing-masing, Tiu Tek Huat (Nahkoda), Ali Manulu (ABK), Bintang (ABK), Amsar (ABK), Buyung (ABK), Alimuddin (ABK) keenamnya itu Nahkoda dan ABK KM Gemilang.

Sedangkan nakhoda kapal Surya Prima, Gabe Tua Ari Tonga, serta lima ABK, masing-masing Binta, Darius, Kuasa Daya, Joko Priyidno, dan Beweli Loi. “Sekarang masih dalam proses penyelidikan apakah ini masuk dalam kasus tindak pidana atau bukan, nanti kita informasikan perkembangannya. Untuk sementara mereka diamankan di Subrolda Abdya,” pungkasnya.(tz)
Sumber : http://aceh.tribunnews.com/news/view/54981/dua-kapal-asal-sibolga-ditangkap

0 komentar:

Posting Komentar

Tags

Blog Archive