Sabtu, 30 April 2011

Banjir di Abdya Mulai Surut

Posted by STRUKTUR 22.22, under | No comments

Sat, Apr 30th 2011, 11:47

Banjir di Abdya Mulai Surut

* Pengungsi Kembali ke Rumah


Peronel TNI Kodim 0110/Abdya mendirikan tenda pengungsian di Komplek Masjid Gampong Ie Mirah, Kecamatan Babahrot, Abdya, setelah banjir luapan melanda kawasan itu, Jumat (28/4) malam. FOTO/Kodim 0110/Abdya

BLANGPIDIE – Banjir luapan di tiga desa dalam Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) sejak Kamis malam, mulai surut Jumat (29/4) pagi. Seribuan warga yang sebelumnya mengungsi ke Masjid Desa Ie Mirah, siang kemarin kembali ke rumah masing-masing. Namun, mereka masih mengkhawatirkan kemungkinan banjir susulan, mengingat hingga sore kemarin cuaca mendung masih menyelimuti kawasan itu.


Amatan Serambi, seusai shalat Jumat kemarin, para pengungsi langsung pulang ke rumahnya. Sementara itu, sore kemarin, bantuan yang disalurkan oleh berbagai pihak mulai dibagikan kepada korban banjir. Di antara pejabat yang memantau pembagian bantuan itu adalah Komandan Koramil (Danramil) Babahrot, Lettu M Musa yang sejak banjir terjadi sibuk mengevaluasi korban dan mendirikan tenda pengungsi di masjid desa tersebut.

Menurut Lettu M Musa, meski banjir sudah surut dan pengungsi sudah kembali ke kediaman masing-masing, tapi pihaknya akan terus berjaga-jaga guna mengantisipasi terjadinya banjir susulan seperti yang terjadi Kamis malam lalu. Saat itu, 78 kepala keluarga (KK) warga Dusun Kubang Gajah Ie Mirah yang saat banjir sedang berada di kebun, sempat terjebak banjir. Tapi untunglah kemarin pagi, banjir berangsur surut.

“Begitupun, kami harus tetap siaga, sebab cuaca mendung sangat memungkinkan terjadi banjir susulan di wilayah ini. Oleh karenanya, unsur muspika akan terus stanby 24 jam, guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya banjir susulan,” kata Lettu Musa.

Ia tambahkan, malam kemarin, Dandim 0110/Abdya, Letkol Arm E Dwi Karyono AS menurunkan 40 personel untuk membantu korban banjir.  Menurut Lettu Musa, desa yang diterjang banjir luapan setinggi 0,6 hingga 1,5 meter itu masing-masing Gampong Ie Mirah, Gampong Lhok Gayo, dan Gampong Gunung Samarinda. Ketiga desa itu sempat dikepung banjir delapan jam, sejak pukul 20.30 hingga 03.00 WIB.

“Ketika hujan mulai reda, banjir luapan itu pun berangsur surut. Sekarang, sebagian masyarakat sedang membersihkan pekarangan rumahnya dari tumpukan sampah banjir,” ujar Lettu M Musa.

Dapur umum
Pantauan Serambi di lapangan, puluhan personel TNI dari Kodim 0110/Abdya sibuk menyiapkan dapur umum di kompleks masjid Gampong Ie Mirah yang sudah sejak Kamis malam dipasang tenda pengungsian.

Bantuan tanggap darurat pun mulai berdatangan dari berbagai instansi dan ormas di Abdya. Misalnya, dari Pemkab Abdya melalui Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, PD Muhammadiyah Abdya, Bank Aceh Cabang Blangpidie, BRI Cabang Blangpidie, dan perusahaan tambang bijih besi yang beroperasi di Babahrot, PT Jaya Aceh Mining.

Kesemua instansi, ormas, dan perusahaan tersebut sudah menyalurkan bantuan sembako untuk korban banjir luapan tersebut. Kepala Dusun Kota Malaka, Desa Ie Mirah, Jafaris mengatakan, banjir luapan yang sempat menerjang ratusan rumah penduduk itu juga turut merusak areal persawahan milik warga di Desa Ie Mirah yang baru saja digarap. Oleh karena itu, ia berharap dinas terkait bisa segera membantu meringankan beban warga yang tertimpa musibah dengan cara membantu ongkos garap dan menyediakan bibit kepada petani setempat.

“Jumlah areal sawah yang diterjang banjir belum terdata. Tapi hampir semua areal sawah di sini rusak akibat diterjang banjir tersebut,” paparnya. Banjir luapan ini tidak hanya terjadi di Kecamatan Babahrot, tetapi juga di Desa Alue Mangota dan Cot Jeurat, Kecamatan Blangpidie, Ujong Tanoh, Kecamatan Setia, Padang Geulumpang, Iku Lhueng, Kecamatan Jeumpa, Ie Mameh, Lhueng Geulumpang, Keude Baro di Kecamatan Kuala Batee, dan Ujong Padang di Kecamatan Susoh.  Di Abdya, kawasan ini merupakan daerah rawan banjir, akibat aliran sungai yang kian dangkal dan tersumbat. (tz)

Sumber : http://aceh.tribunnews.com/news/view/55172/banjir-di-abdya-mulai-surut

0 komentar:

Posting Komentar

Tags

Blog Archive