Kamis, 14 April 2011

Semua PNS Abdya Dipotong Gaji

Posted by STRUKTUR 22.20, under | No comments

Sat, Apr 2nd 2011, 09:55

Bantu Korban Banjir Bandang Tangse

Semua PNS Abdya Dipotong Gaji

BLANGPIDIE - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Pemkab Abdya) bisa jadi merupakan daerah sangat tinggi kepeduliannya terhadap penderitaan para korban banjir bandang di Tangse, Kabupaten Pidie. Buktinya, seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) setempat berjumlah 3.714 orang dipotong gaji April 2011 melalui bendaharawan gaji masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Jumat (1/4) kemarin.  Besaran gaji yang dipotong berkisar antara Rp 10.000 sampai Rp 40.000/orang untuk PNS non-eselon. Sedangkan PNS yang menempati jabatan struktural (eselon) dikenakan dua kali pemotongan, selain berdasarkan golongan, ditambah bantuan bagi PNS yang menempati jabatan eselon (struktural) berjumlah Rp 75.000 sampai Rp 500.000/orang.

Sejumlah PNS menyatakan setuju menyumbang untuk meringankan beban korban banjir bandang di Tangse, Kabupaten Pidie. Namun cara penggalangan terhadap PNS yang dilakukan Pemkab Abdya dinilai kurang tepat. Pasalnya, besaran bantuan sudah dipatok dalam jumlah lumayan besar dan  langsung dipotong oleh bendaharawan gaji pada saat para PNS menerima gaji bulan April 2011, Jumat (1/4) kemarin. Pantauan Serambi, bantuan untuk korban banjir bandang Tangse, itu berdasarkan surat Wakil Bupati Abdya, Syamsurizal, Nomor 362/192/2011, ditujukan kepada Kepala Dinas, Badan Kantor, para camat setempat. Surat bertanggal 28 Maret 2011, menjelasan,  dalam rangka meringankan  beban dan duka serta penderitaan korban musibah banjir di Tangse, Pidie, diminta partisipasi untuk memberikan sumbangan.

Tentang besaran sumbangan untuk setiap PNS sudah ditetapkan dalam surat tersebut.  PNS non eselon, golongan I Rp 10.000, golongan II Rp 20.000, golongan III Rp 30.000 dan golongan IV Rp 40.000/orang. Khusus PNS yang mempunyai eselonering besaran sumbangan untuk eselon IV Rp 75.000, eselon III Rp 250.000 dan eselon II Rp 500.000/orang. Bagi PNS yang mempunyai eselonering, dalam surat tersebut dijelaskan bahwa, selain dikenakan sumbangan sesuai eselon (jabatan strukturan), juga dikenakan bantuan  sesuai golongan masing-masing. Itu berarti bagi bagi PNS yang menempati jabatan struktural  dikenakan dua kali sumbangan.

Masih berdasarkan surat yang diteken Wabup Abdya, Syamsurizal, itu menjelaskan, sumbangan dana tersebut diserahkan oleh bendaharawan gaji masing-masing SKPD pada bendahara pengumpul dana bantuan banjir bandang Tangse, Bambang Krisman (Staf Bagian Umum Setdakab Abdya), paling lambat tanggal 6 April 2011. “Diulangi kembali paling lambat tangga 6 April 2011,” demikian ditulis dalam surat tersebut dengan huruf dihitamkan. Jumlah dana bantuan untuk korban banjir bandang Tanse dari para PNS Kabupaten Abdyadiperkirakan tidak kurang Rp 200 juta. Karena berdasarkan data diperoleh Serambi, jumlah PNS pada jajaran Setdakan Abdya posisi Desember 2010, lalu sebanyak 3.714 orang. Mereka tersebar pada 26 instansi dinas, badan dan kantor serta 9 kecamatan setempat, termasuk pada  Korwas, guru TK, SD, SMP dan SMA/SMK, disamping diperbantukan pada MTsN dan MIN.

Wakil Bupati Abdya, Syamsurizal dihubungi Serambi secara berulang kali dengan telepon selular hingga pukul 16.35 WIB, Jumat sore kemarin ternyata tidak diangkat. Tapi salah seorang pejabat Setdakab Abdya menjelaskan, surat wabup tentang mohon bantuan dana korban banjir bandang Tangse, tersebut lahir berdasarkan hasil rapat beberapa hari lalu, termasuk tentang besaran bantuan masing-masing PNS.(nun)
 
Sumber Berita : http://aceh.tribunnews.com/news/view/52971/semua-pns-abdya-dipotong-gaji 

0 komentar:

Posting Komentar

Tags

Blog Archive