Sabtu, 30 April 2011

Abdya Gelar Lokakarya Pesisir dan Kelautan

Posted by STRUKTUR 21.22, under | No comments

Sat, Apr 23rd 2011, 09:40

Abdya Gelar Lokakarya Pesisir dan Kelautan

* Narasumber Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan

BLANGPIDIE - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Prof Dr Ir H Rokhmin Dahuri MS  menjadi narasumber dalam lokakarya pesisir dan kelautan yang digelar Pemkab Aceh Barat Daya (Abdya) di AulaGrand Leuser Hotel Blangpidie selama dua hari, Kamis (21/4). Lokakarya yang diikuti 150 peserta tersebut untuk menyusun konsep yang jelas membangun wilayah pesisir dan kelautan

Lokakarya dibuka Bupati Akmal Ibrahim, dihadiri Ketua DPRK, M Yusuf, Kapolres AKBP Drs Subakti bersama Anggota Muspida lainnya, termasuk Ketua  Tim Terpadu Percepatan Pembanguan Wilayah Pesisir dan Pengelolaan Lahan Terlantar, Lukman SE, Kepala Bappeda, Jasman, Kadis Kelautan dan Perikanan, Ir H Zuriat bersama kepala dinas terkait.

Rokhmin Dahuri yang juga guru besar IPB itu dalam lokakarya tersebut mengupas topik “Menjadikan Sektor Kelautan dan Perikanan sebagai Sumber Kemakmuran dan Kesejahteraan Masyarakat Abdya”.  Acara selama dua hari tersebut juga menampilkan narasumber Direktur SDI Kementerian Kelautan dan Perikanan, Ir Agus A Budhiman MAg, dengan materi “Kebijakan Pembangunan Perikanan Tangkap” dan Kepala Dinas Kelauran dan Perikanan Aceh, Abdus Syakur SPi MSi mengulas “Strategi Konservasi Laut Aceh”.

Bupati Akmal Ibrahim dalam acara tersebut menjelaskan, Pemkab setempat telah membentuk tim terpadu percepatan pembanguan wilayah pesisir dan pengelolaan lahan terlantar. Tim ini sudah mulai menggarap lahan telantar seluas  200 hektare di kawasan pesisir Kecamatan Manggeng. Lokakarya tersebut dilaksanakan untuk menyusun konsep mengenai pembangunan wilayah pisisir Abdya yang masih sangat tertinggal, termasuk sektor tangkap yang masih tertatih-tatih. Membangun wilayah pesisir, menurut Bupati Akmal tidak bisa dengan konsep biasa-biasa saja, melainkan harus secara luar biasa, cepat dan ekstrim. Melalui lokakarya tersebut diharapkan dapat merumuskan konsep pembangunan yang jelas sehingga bagaimana memulainya.

Asisten Ekonomi Pembangunan Setdakab Abdya, Muazam ST selaku ketua panitia pelaksana melaporkan, lokakarya pesisir dan kelautan Abdya sebuah analisis alternatif kebijakan pemanfaatan ruang pesisir dan laut dalam meningkatkan pendapatan masyarakat, dilaksanakan dua hari, 21-22 April 2011. Kegiatan itu diikuti 150 peserta berasal dari pemerintah gampong/desa dalam wilayah pesisir, unsur pemerintah setempat, termasuk para panglima laot. Lokakarya dimaksudkan dalam rangka percepatan pembangunan wilayah pesisir dan   pengelolaan lahan telantar.(nun)
 
Sumber : http://aceh.tribunnews.com/news/view/54616/abdya-gelar-lokakarya-pesisir-dan-kelautan 

0 komentar:

Posting Komentar

Tags

Blog Archive